A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2rangkasbitung.sch.id/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2rangkasbitung.sch.id/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

PROFIL | SMKN 2 Rangkasbitung

SMKN 2 Rangkasbitung

Jl. Dewi Sartika No. 46 L Rangkasbitung 42314

Bangga

PROFIL

Kamis, 09 Juni 2022 ~ Oleh admin ~ Dilihat 1530 Kali

Nama Sekolah

:

SMK Negeri 2 Rangkasbitung

NPSN

:

20601872

Alamat

:

Jl. Dewi Sartika No. 46 L Muara Ciujung Timur Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten

Program Keahlian

:

Pariwisata

Bidang Keahlian

:

Perhotelan

Deskripsi Umum

Sejarah Perhotelan

:

 :

Perhotelan adalah kompetensi keahlian di bawah Program Studi Pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan tentang pengelolaan perhotelan dan penyelenggaraan perhotelan

 

 

SMK Negeri 2 Rangkasbitung merupakan sekolah yang terletak di kawasan komplek pendidikan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Bediri di atas lahan kurang lebih mencapai 1 Ha sekolah dengan mengusung visi menghasilkan lulusan yang berakhlak, cerdas, mandiri, berkarakter dan berwawasan lingkungan ini diharapkan bisa menjadi trend center sekolah yang berkarakter dan menghasilkan banyak prestasi.

Pada pertengahan tahun 2012 dibawah pimpinan Drs. Mukmin, M.Pd, SMK Negeri 2 Rangkasbitung meluncurkan jurusan baru pada bidang pariwisata dengan program keahlian Perhotelan dimana program ini merupakan salah satu bentuk pegerakan dalam upaya mengimplementasikan peluang industri terlebih mendukung program pemerintah baik daerah dan pusat.

Mengawali kiprahnya di tahun 2012 dengan ketua jurusan Ibu Leli Natalia, S.Pd pada saat itu. Dengan dibuka 2 Rombel kelas dengan daya tampung 36 siswa/kelas perminatan kala itu sangat antusisas dari siswa/I SMP yang hendak melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pada tahun kedua pelaksanaan On job Traning tahun 2013, kami mencoba menggandeng mitra industri Marbela Convention & SPA Anyer yang merupakan hotel bintang 5 di kawasan Anyer. Dengan harapan banyak kekurangan pada tahun pertama kami meniatkan tekad bulad untuk menggandeng mitra industri besar sekaligus untuk dapat melatih secara langsung untuk mengembang potensi siswa/I pada bidang perhotelan.

Ditahun berikutnya di awal 2014 – 2018 bersama ibu Dhila Fadila, S.Kom ketua Jurusan  kami mulai memperbanyak mitra industri diantaranya mulai menggandeng mitra industri lebih besar lagi dengan menggandeng Accord Hotel  sebagi mitra besar kami dalam pelaksanaan On job traning atau program pemagangan. serta berupaya melakukan pengembangan pada penambahan sarana dan prasaran di sekolah khususnya untuk menunjang pembelajaran siswa pada bidang perhotelan. Serta melakukan kegiatan intra jurusan yakni melakukan kegiatan table manner dan kunjungan industri serta mendatangkan guru tamu untuk menambah wawasan dan keilmuan pada bidang perhotelan.

Pada tahun 2018 dibawah pimpinan  Pak Deden Hendrawan, SE.,MM selaku Ketua Jurusan program terdahulu dijalankan dengan baik dengan tentunya mengikuti perkembangan dan kebutuhan industri saat ini. Pada tahun 2019 pergantian ketua jurusan hingga saat ini di tahun 2022 oleh ibu Nina Supartini, SE.,MPd.  Mitra ibdustri terus kami kembangkan dengan harapan keterserapan siswa/I kami pada bidang perhotelan bisa lebih optimal.

Progress dalam upaya pengembangan pada jurusan perhotelan terus ditingkatkan salah satunya adalah tenanga pengajar pada tahun 2018. 2 staff pengajar sudah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifiikasi Profesi (BNSP). Ini merupakan awal penguatan untuk melakukan peningkatan kompetensi serta mutu khususnya untuk internal SMK Negeri 2 untuk melakukan standarisasi pada civitas akademik.

Dan 3 staff pengajar pada bidang perhotelan pun sudah tersertifikasi dengan melakukan program Keahlian Ganda. Yakni program yang terselenggara dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini mengkhususkan para pengajar agar dapat linieritas dengan program yang diampu/ mengajar.

Saat ini pada jurusan perhotelan sendiri untuk sarana dan prasaan praktek sudah standar hotel pada umumnya. Dan kami memiliki edotel serta ruang praktek yang bisa di gunakan untuk kebutuhan pembelajaran siswa dan siswi.

Besar harapan tentunya jurusan ini mampu jadi pelopor pada bidang pariwisata terutama berkenaan dengan program pariwisata yang berkelanjutan yakni penyediaan akomodasi perhotelan sesuai  denganyang dibutuhkan, oleh mitra industri dalam upaya peningkatan sumber daya manusia yang kompeten pada bidangnya sehingga keterserapan tenanga kerja yang sesuai dengan bidang yang diampu bisa lebih optimal.

 

 

 

 

 

 

ARTI LAMBANG/SIMBOL LOGO

Mahkota/Crown: merupakan lambang kedaulatan dan kedudukan. Dimana maknanya disini adalah edotel ini dibangun dengan dasar dasar yang menopang keilmuan dan filosofi hospitality. Setiap lulusan didalamnya harus mampu memiliki edukasi dasar yakni attitude atau sikap untuk dapat diimplementasikan secara luas pada seluruh bidang/sektor.

Safir sendiri merupakan symbol batu dimana didalamnya memiliki nilai kualitas atau hubungan yang terkait dengan  loyalitas, kesetiaan, kebenaran, ketulusan, keteguhan dan kehandalan. Pada point ini kami berharap edotel ini mampu memberikan banyak kontribusi atau manfaat yang bisa dirasakan oleh seluruh civitas akademik serta seluruh perangkat didalamnya untuk bisa membangun sinergisitas yang positif.

Warna:

Warna Emas/Gold : memiliki makna yang mewakili sikap dasar manusia yang baik yakni empati. Serta warna ini memiliki makna estetika yakni sebuah keindahan yang berkaitan Grooming atau penampilan.

Warna Coklat/Brown: memiliki makna netral yang sering kita temukan pada unsur kayu warna ini  memiliki makna atmosfer yang hangat. Dengan harapan ini bisa membangun semangat dalam diri serta mampu mengawali dan membangun sinergisitas yang baik tenaga pengajar dan pelajar.

...

Edi Ruslani, SE, MM

  Assalamualaikum wr.wb   Puji dan syukur kepada Allah SWT karena atas hikmat, hidayah dan anugerahnya, Alhamdulillah sekolah kami menerbitkan…

Selengkapnya